REVIEW WISATA REMBANGAN [WISATA JEMBER]

Senin, 21 Mei 2018

REVIEW WISATA REMBANGAN [WISATA JEMBER]







Assalamualaikum wr. wb.

Yoooo Sobat Sendalers! Kali ini aku mau ngereview salah satu destinasi wisata Jember yang di dalamnya dilengkapi hotel, restoran, pemandian dengan background pegunungan dan karakteristik klasik kolonial Belanda di Jember. Yaappp Tidak lain dan tidak bukan, Wisata Rembangan atau orang-orang biasa menyebutnya Puncak Rembangan. Yuk disimak!

  
Wisata Rembangan dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1937. Pada mulanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi elite pemerintah kolonial Belanda. Penggagasnya bernama Mr. Hofstide, yang merupakan penanggung jawab perkebunan kopi dan kakao yang dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda di Jember pada masa silam. Nah, kemudian pemerintah kolonial Belanda membukanya secara khusus hanya kepada warga Belanda saja dulunya. Seiring dengan jatuhnya kekuasaan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia, pada tahun 1950 kawasan Wisata Rembangan resmi menjadi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Jember sampai sekarang. Pengelola Wisata Rembangan dulunya diserahkan kepada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember, namun sekarang tata kelolanya dipegang penuh oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember.
Oke, cukup dulu historinya kita lanjut!

[AKSES JALAN]
Wisata Rembangan terletak di Desa Kemuniglor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Untuk sampai ke Wisata Rembangan, kalian harus menempuh sejauh 15km ke arah utara dari Alun-Alun Kota Jember dan menghabiskan waktu sekitar 20 menitan sob. Alasannya karena Wisata Rembangan terletak pada elevasi 536mdpl, otomatis jalan yang akan kalian lalui lumayan menanjak. Tapi tenang sob, kualitas jalannya bagus kok alias mulus.



[HTM]
Ini aku kasih informasi harga tiket masuknya sob. Cekidot:
Jam buka : 24 jam
Harga Tiket Perorangan
- Rp 7.500/orang
Harga Tiket Kendaraan
- Rp 1.000/sepeda motor
- Rp 2.000/mobil

[SENSASI RESTORAN BELANDA]

Yang menjadi ikon dari Wisata Rembangan adalah restorannya. Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pariwisata, tetap mempertahankan bentuk asli bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang masih kental akan nuansa rumah Eropa jaman kolonialisme. Beberapa renovasi tentunya sudah dilakukan, mengingat umur bangunan yang sudah tidak muda lagi. Hanya saja dengan tetap mempertahankan estetikanya. Seperti pada penambahan bangunan Hotel yang selaras dengan Restoran.





[TIDUR DI HOTEL REMBANGAN]
Nah, selain restorannya yang menyajikan menu-menu kuliner khas Jember dipadu dengan dekorasi khas kolonial Belanda, Hotel Rembangan juga tidak kalah menariknya sob. Menurut penuturan dari Staf Resepsionisnya, terdapat 43 kamar di Wisata Rembangan. Lumayan banyak. Tapi, pada saat Lebaran dan hari-hari besar lainnya, hotelnya terisi penuh. Soal harga berkisar mulai dari Rp 165.000 sampai Rp 1.500.000 per malamnya sob. Kalo takut kehabisan kamar, kalian bisa booking kok.




Oh iya, fasilitas di Rembangan nggak cuma hotel dan restoran kok, ada aulanya juga gaes. Jadi, yang ingin menggelar event atau meeting, dsb kalian bisa menyewa aula tersebut kok. Berikut daftar harganya:
- Pemakaian Aula Besar : Rp 900.000/hari
- Pemakaian Aula Kecil : Rp 450.000/hari

[BERENANG DI KETINGGIAN] 
Untuk kalian yang hobi atau ingin bermain air, Wisata Rembangan menyediakan 2 kolam renang kok. yang satu memiliki kedalaman yang bervariasi dari anak-anak-remaja-dewasa, sedangkan kolam yang satunya dikhususkan untuk anak-anak sob. Ada juga wahana seluncuran dan papan untuk terjun setinggi 3 meter. Oh iya sob, air yang digunakan adalah air murni yang berasal dari mata air yang letaknya di belakang kawasan Hotel Rembangan. Jadi, kolam renang Wisata Rembangan tidak menggunakan kaporit atau bahan penjernih air lainnya sehingga aman untuk kesehatan mata, rambut, dan kulit Sobat Sendalers.



Sekedar info nih sob, kolam renang di Wisata Rembangan adalah yang tertua dan tertinggi di Kota Jember loh. Jadi jangan heran kalo tempat ini menjadi primadona sejak dulu.





[PIKNIK ASYIK]
Terus kalo cuma jalan-jalan aja gimana? Nah, untuk kalian Sobat Sendalers yang ingin jalan-jalan sekaligus piknik, kawasan Wisata Rembangan sangat cocok nih untuk kalian. Karena, di kawasan tersebut tersedia halaman playground yang bisa kalian gunakan sebagai tempat piknik asyik. Ditambah ada 2 kantin yang tersedia sob, jadi nggak perlu repot-repot bawa bekal nih. Praktiskan?



Gimana? Sejukkan? Kalo emang kalian ingin piknik dengan keluarga atau orang tersayang tapi lupa nih membawa alas untuk duduk, swante Sobat Sendalers. Pihak penyedia sudah menyiapkan banyak gazebo dan tempat duduk di sekitar kawasan Wisata Rembangan sob. Jadi, jangan takut nggak kebagian tempat duduk ya sob?!


 

[CUCI MATA]
Nah ini bagian yang paling aku suka. Pemandangannya! Selama perjalanan ke kawasan Wisata Rembangan, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan Kota Jember dari ketinggian. Apalagi kalo kalian sudah sampai di Puncak Rembangannya. Pasti takjub deh. Terkadang, saat aku melihatnya, aku merasa kalo aku itu memang kecil banget.




Aku juga mau mengklarifikasi bahwa semua foto yang aku post di Blog sendalers.blogspot.com ini, tidak melalui proses editing lho. Semua realpict sob. Karena aku sebagai seorang traveller nggak ingin kecewa saat ekspektasi jauh lebih tinggi dibanding kenyataannya sob. Jadi, ini semua demi kalian Sobat Sendalers.
Seperti sebelumnya, Sendalku udah lelah aku injak melulu dan akhirnya aku akan bagiin Tips dan Trick dari perjalananku tersebut.


[INSPIRED BY EXPERIENCE]
- Tips agar berenang dengan private
Datanglah di hari Selasa-Jumat
- Tips menghindari batal renang
Datanglah selain Hari Senin, soalnya Kolam Renangnya dikuras sob
- Tips piknik menyenangkan
Bawa peralatan renang seperti floatis
- Tips perjalanan aman
Pastikan segala komponen kendaraan kalian sehat sob
- Tips bagi pecinta fotografi
Datanglah pada saat-saat matahari terbit (05:00 - 05:45)
- Tips informasi lebih lanjut/pembookingan hotel
Langsung menghubungi 085100660383 (UPT Wisata Rembangan)

Semoga tulisan di atas bermanfaat dan bisa buat Jember makin rame. Kalo kalian suka, tolong share dan titipin Sendal di kolom komentar.  



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger
Partner:


2 komentar :

  1. asyik banget gan aku suka dengan pemandangan di rembangan hehe baru 1x sih kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob suasananya punya kesan tersendiri

      Hapus